Cara Backup dan Restore Aplikasi Game Android dengan Mudah

Backup dan restore merupakan salah satu cara terbaik untuk menyelamatkan file anda. Biasanya backup pada handphone dilakukan ketika akan melakukan flashing. Karena, saat flashing sedang berlangsung, file-file akan terhapus semua tanpa tersisa. Tapi tidak menuntut kemungkinan file anda akan hilang dikarenakan handphone error ataupun merori korup. Maka dari itu saya sarankan agar file yang dihandphone anda dibackup secara berkala.

Untuk membackup file-file seperti, foto, video, musik dll memang mudah untuk dilakukan. Karena file tersebut bukanlah file sistem. Tapi jika yang akan anda backup adalah aplikasi yang di dalamnya merupakan file-file sistem, anda pasti akan kesulitan. Karena file aplikasi tersebut biasanya disembunyikan. Oleh karena itu anda harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk membackup aplikasi-aplikasi yang ada di dalam handphone android anda.

Cara Backup dan Restore Aplikasi Game Android dengan Mudah


Maka dari itu, kali ini saya akan membagikan bagaimana cara membackup aplikasi dari hp android anda. Tapi sebelumnnya anda harus mendownload aplikasi Titanium backup yang ada di playstore dan tentunya handphone anda harus diroot terlebih dahulu. ( Cara ROOT HP Android Tanpa PC MUDAH ) . Jika semua sudah dilakukan silahkan lakukan tutorial dibawah ini.

  1. Install Aplikasi Titanium Backup
  2. Buka aplikasi tersebut, nanti ada peringatan, klik allow superuser
  3. Klik backup atau restore, lalu klik menu dan batch.
  4. Pada menu tersebut pilih Run backup all user apps dan sistem data.
  5. Setelah anda pilih daftar backup, lalu ada prompt option, yang memberitahukan kepada anda untuk menghentikan aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Pilih kill active apps, lalu biarkan tercentang. Jika sudah selesai klik run the batch operation..
  6. Jika proses ini berjalan dengan lancar, akan ada tampilan tanda centang dan icon smile. Lalu lihatlah menu backup. Disitu terdapat informasi tanggal kapan anda membackup. File-file tersebut tersimpan di memori eksternal.
Di atas tadi adalah cara untuk membackup aplikasi android. Dan dibawah ini adalah cara untuk merestorenya.

  1. Salin semua file backupnya tadi ke komputer/pc, lalu pindahkan ke direktori folder titanium backup.
  2. Lalu jalankan aplikasi Titanium . Kalau sudah, masuk menu, kemudian pilih batch lalu pilih restore. Disini anda dapat menentukan kebutuhan restore yang kamu inginkan.
Itu tadi bagaimana cara unutk membackup dan merestore aplikasi android. Sampai jumpa.




Subscribe to receive free email updates: