Cara Termudah Fix LTE MIUI 8 Redmi Note 3, Cuma 15 Menit Saja

Kali ini, saya akan share cara mengaktifkan jaringan 4G di Redmi Note 3 yang menggunakan chipset Qualcomm. Tidak sampai 10 menit, sinyal 4G akan muncul kembali. Akan tetapi, cara ini harus menggunakan Box UFI, jadi mohon maaf bagi yang belum punya Box UFI, Anda belum bisa menggunakan cara ini. Masih ada cara lainnya, yaitu dengan flash via MiFlash Tool. Cara ini akan saya bahas di artikel lainnya. Silakan ikuti terus blog ini yaa.

Kenapa menggunakan UFI Box?? Konsepnya begini, untuk mengaktifkan 4G yang hilang di Redmi Note 3, kita perlu melakukan unlock bootloader dan memasang TWRP. Root tidak mutlak diperlukan, namun jika Anda menginginkan root, cara ini juga bisa digunakan. Unlcok bootloade yang akan saya jelaskan disini adalah unlock bootloader non-official alias tidak resmi. Tentu Anda tidak ingin menunggu 14 hari hanya untuk mendapatkan kode unlock dari situs resmi Xiaomi. 

Nah, untuk unlock bootloader kita perlu flash 1 file yaitu file emmc_appsboot.mbn yang telah dimodifikasi. Dengan UFI Box, cara flash file ini menjadi lebih mudah. Yang punya UFI Box tentu mengerti hal ini. Biar ga bingung, baca terus hingga mengerti dan kalaupun masih bingung, silakan lihat video tutorial di bagian paling bawah.

Download dulu bahannya disini:
Minimal ADB (untuk masuk ke mode download)
File FIX LTE MIUI 8 (2), opsi kedua jika file pertama gagal.

Alat tempurnya:
UFI Box
Kabel data
Komputer (disarankan menggunakan Windows 64 bit)

PERINGATAN: Saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan atau error yang mungkin muncul selama proses flashing, unlock bootloader dan install file zip FIX LTE MIUI 8. Silakan lakukan dengan risiko ditanggung Anda sendiri. Kalau takut HP error, jangan coba-coba apalagi kalau ga ngerti cara oprek HP Xiaomi.

OK mari kita mulai..asumsi saya Redmi Note 3 Anda hidup normal dengan kondisi sudah update ke MIUI 8 tetapi sinyal LTE hilang. 
  1. Masuk ke menu Pengaturan >> Tentang ponsel >> tekan 8x di Versi MIUI hingga muncul pesan "Sekarang Anda adalah pengembang"
  2. Kembali ke menu Pengaturan, masuk ke opsi Setelan tambahan >> Opsi pengembang >> Aktifkan Buka kunci OEM. Ini PENTING SEKALI. Jika opsi ini tidak diaktifkan, PROSES UNLOCK BOOTLOADER AKAN GAGAL. 
  3. Sambungkan Redmi Note 3 ke komputer, lalu copy paste file zip FIX LTE MIUI 8 ke memori penyimpanan telepon.
  4. Cabut dari komputer lalu matikan Redmi Note 3 Anda.
  5. Masuk ke mode Download dengan cara masuk ke mode Fastboot terlebih dahulu (tekan volume bawah + power), lalu hubungkan ke komputer.
  6. Buka folder Minimal ADB yang telah di-download tadi, lalu klik 2x di edl.cmd, jika lampu merah di bagian atas berkedip-kedip, tandanya sudah masuk ke download mode. Silakan check di Device Manager, pastikan driver Qualcomm QS-USB Qdloader 9008 sudah terinstall.
  7. Buka UFI Android Tool, pilih tab Flash lalu ke tab Qualcomm.
  8. Klik opsi Firehose, isikan prog_emmc_firehose_8976_ddr.mbn, rawprogram0.xml dan patch0.xml dari file emmc_appsboot.mbn modif. Anda juga bisa menggunakan fastboot rom Kenzo.
  9. Hilangkan semua centang dengan klik di Partition. Lalu centang partisi aboot, klik 2x disampinya lalu arahkan ke file emmc_appsboot.mbn dari file yang telah Anda download tadi.
  10. Klik Write dan tunggu proses hingga selesai.
Setelah selesai, cabut Redmi Note 3 dari komputer dan JANGAN LANGSUNG MENGHIDUPKAN HP tersebut, Anda akan mendapatkan kondisi BOOTLOOP. Langsung masuk ke mode FASTBOOT dengan menekan tombol volume bawah + power, tekan kedua tombol ini hingga masuk ke mode Fastboot. Jika sudah, lanjut langkah berikutnya:
  1. Buka Root_folder, lalu klik 2x install_twrp.bat
  2. Ikuti prosesnya sesuai petunjuk di layar, jika sudah selesai maka Anda sudah unlock bootloader dan sudah memasang TWRP. Lihat video tutorial biar lebih jelas ya..
Setelah berhasil install TWRP, saatnya kita memperbaik sinyal 4G LTE yang hilang. Caranya adalah meng-install file zip FIX LTE MIUI 8. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
  1. Copy dan paste file FIX LTE MIUI 8 ke memori internal HP.
  2. Power off HP lalu masuk ke menu Recovery dengan kombinasi tombol Power + Volume atas. Pilih Recovery.
  3. Geser slide yang di bawah. TWRP secara default menggunakan bahasa Mandarin, untuk mengubah bahasanya pilih Opsi yang sebelah kanan, pilih yang no 2 dari bawah. Nanti akan muncul layar berikutnya, ada gambar seperti bola dunia. Klik disitu, lalu pilih English. Lihat video tutorial dibawah agar lebih jelas.
  4. Kembali ke menu utama TWRP, lalu pilih Install. Browse lalu klik file zip tersebut.
  5. Konfirmasi install dengan cara menggeser slide di bawah.
  6. Setelah selesai, pilih Reboot System.
  7. Muncul "Disable stock recovery replace during system boot", pilih Swipe to Allow Disable.
  8. Muncul "Install SuperSU now?", pilih Do Not Install.


Silakan check lagi opsi LTE di menu Setelan >> Kartu SIM & jaringan seluler >> pilih SIM >> Tipe jaringan prioritas. Voila..sudah muncul opsinya. Yeahhh..akhirnya berhasil juga. Bagi yang belum berhasil, silakan simak video berikut ini. Ini adalah video yang saya buat sendiri, Subscribe Channel Apollo Cell ya untuk terus mendapatkan video tutorial terbaru dari saya.

Subscribe to receive free email updates: