Redmi 2 Bootlop, Ini Cara Flash Redmi 2 via Fastboot Mode

Flashing ponsel Xiaomi Redmi 2 termasuk mudah. Mudah jika Anda MENGERTI KONSEPNYA DAN PUNYA ALATNYA. Yah...benar sekali, ga ada yang sulit kalau kita sudah mengerti cara flash Xiaomi Redmi 2 ini, dalam waktu 10 menit saja sudah selesai. Nah, bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan pada Redmi 2 seperti hang logo, bootloop, sistem error, terkena virus ataupun lupa mi akun Anda, jangan panik dulu lalu membanting-banting HP Anda, lalu memukulnya dengan palu godam. Ahayy...disini akan kita bahas cara flash Redmi 2 dengan penjelasan yang mudah dipahami, mudah diikuti dan tidak dijamin berhasil.

Lho..kok tidak dijamin berhasil??? Gini lho...flashing itu walaupun mudah tapi ada beberapa persiapan yang harus dilakukan misalnya flash tool harus download dan install dulu, terus berikutnya install drivernya, terus hubungkan hp ke komputer dan check apakah sudah terdeteksi oleh komputer, lalu download firmwarenya. Selain itu, flashing juga tergantung pada kondisi HP

Beberapa persyaratan yang harus Anda pahami sebelum flashing:
  • Flash tool, secara teknis bisa dikatakan sebagai program yang akan membantu kita mengisi firmware ke dalam IC EMMC pada HP yang akan kita flash. Anda harus mendownload flash tool yang sesuai dengan HP yang akan Anda flash. Dalam contoh kali ini, kita menggunakan MiFlash Tool.
  • Driver yang benar. Ada banyak yang mengeluh kok flash ga jalan, kok HP ga terbaca oleh flash tool dll, eh ternyata drivernya belum terinstall dengan baik. Check di Device Manager ya..apakah sudah benar drivernya.
  • Kabel USB yang bagus. Flashing butuh koneksi ke komputer melalui kabel USB yang bagus. Kabel USB yang udah ga bagus jangan dipakai untuk flashing, jika di tengah jalan terputus koneksinya maka proses flashing akan terhenti dan mungkin akan menyebabkan HP anda mati total, soft bricked ataupun hard bricked.
  • Firmware yang udah download completed. Beberapa user mengira firmware yang dia download udah lengkap, tapi begitu flashing kok error. Ternyata downloadnya ga selesai, mungkin terhenti akibat jaringan internet yang lambat ataupun masalah lainnya.
  • Baterai HP harus terisi minimal 10-20%. Banyak kasus flashing berhenti tengah jalan hanya gara-gara baterai kosong. Yah ampun..hal kecil aja bisa jadi ribet,kalau udah berhenti tengah jalan mau ga mau diulang lagi. Cas dulu baterainya pakai eksternal charger, istilahnya casan kodok.

Sekarang kita siapkan dulu peralatannya sebagai berikut:
Persiapan Hardware
  • Ponsel Xiaomi Redmi 2 yang mengalami bootloop
  • Komputer atau laptop dengan OS Windows dan port USB yang bagus dan stabil
  • Kabel data USB
Persiapan Software
  • Tool MiFlash, bisa download disini
  • Firmware Redmi 2, bisa download disini
  • WinRAR, untuk mengekstrak fimware. Ini udah program yang umum, pasti Anda udah punya di komputer Anda. Jika belum, silakan cari di Google ya.

Cara Masuk Fastboot Mode
HP posisi mati. Bila perlu, cabut baterainya lalu pasang kembali.
Tekan dan tahan tombol Volume Bawah + tombol Power, hingga muncul gambar kelinci Xiaomi dengan tulisan FASTBOOT.
Redmi 2 mode Fastboot

Tahap Eksekusi
  1. Buka tool MiFlash
  2. Klik Browse lalu arahkan ke folder wt88047 di drive C, klik di folder images.
  3. Klik pilihan di samping tombol Browse, pilih Advance lalu arahkan ke folder wt88047, pilih file flash_all.bat
  4. Nyalakan Redmi 2 dalam mode Fastboot lalu hubungkan ke komputer.
  5. Klik Refresh di MiFLash tool, lihat apakah sudah terbaca
  6. Klik Flash dan tunggu hingga selesai.

Cara Flash Redmi 2

Sekian pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Silakan share jika Anda merasa artikel ini dapat membantu teman Anda lainnya. Kunjungi terus blog helloponsel.blogspot.co.id untuk mendapatkan info HP terlengkap. Terima kasih...

Subscribe to receive free email updates: