Pengalaman Cara FLash Oppo Seri Terbaru 2017


Oppo seri terbaru seperti A37f, A57, F1s, F1s Plus, F3 dan F3 Plus memerlukan sedikit pengetahuan baru tentang cara flash smartphone tersebut, juga tentang cara buka kunci atau cara hard resetnya, sekaligus bagaimana solusinya jika terkunci akun gmail. Nah, kita akan bahas satu per satu di tulisan kali ini.

Oppo A37f, A57 (CPH1701) dan seri F3 itu menggunakan CPU Qualcomm, sedangkan seri F1s menggunakan CPU Mediatek, MT6750 dan MT6755. Yang menggunakan CPU Qualcomm, cara flashnya menggunakan MSM Download Tool, sedangkan yang CPU Mediatek cukup pakai SPFT saja sudah beres.

Hal pertama jika kita menemukan kasus Oppo A37f hang logo atau bootloop, tentu kita harus mencari firmware Oppo A37f. Bersyukur sudah ada beberapa orang yang share firmware Oppo A37f, firmware Oppo A57 (CPH1701) dan firmware Oppo F3. Kami sendiri kadang bingung, darimana mereka bisa mendapatkan firmwarenya, sedangkan dari OPPO Official cuma ada file OTA untuk update via recovery mode.

Salah satu contoh blog yang share firmware Oppo adalah firmware27.blogspot.com, filenya gratis dan tidak dipassword, bahkan tidak ada iklan shortener link yang harus klik berkali-kali itu. Terima kasih banyak kepada admin firmware27 yang telah berbagi firwmare kepada teknisi HP di Indonesia.

Firmware Oppo A37f itu dalam format zip atau rar, mudah diekstrak dengan program winzip ataupun winrar. Jika diekstrak akan muncul file-file firmware yang sudah kita kenali sebagai firmwarenya Qualcomm. Sedangkan firmware Oppo A57 (CPH1701), jika diekstrak akan muncul file firmware dengan ekstensi *.ofp. Ini adalah format baru untuk firmware Oppo. Cara flashnya tidak berbeda dengan Oppo A37f, tetap menggunakan MSM Download Tool.

Yang agak berbeda adalah firmware Oppo CPH1611 yang kami download dari blog firmware27, ukurannya cukup besar yaitu sekitar 1,8GB dan formatnya *.bz2. Saat diekstrak menggunakan aplikasi winrar, didapat file dengan format ofp, tetapi saat diflash selalu error. Pesan errornya seperti tidak ditemukan adanya firmware, padahal firmwarenya sudah kami ekstrak.

Beruntung kami memiliki UFI Box, langsung kami coba proses firmware Oppo CPH1611 menggunakan UFI. Firmware yang telah didownload (sebelum ekstrak) kami copy ke folder UFI/backups/Oppo. Ketika diproses dengan UFI, UFI langsung mengekstrak firmware ini menjadi file yang bisa diflash via UFI. Inilah salah satu kecanggihan UFI Box yang sangat berguna. Oh ya..versi terbaru UFI sudah mendukung firmware dengan format ofp. Jika punya kalian belum update, silakan diupdate terlebih dahulu.

Lanjut ceritanya, Oppo CPH1611 akhirnya kami flash menggunakan UFI Box, proses berjalan seperti biasa hingga selesai. Dengan rasa deg-degan, karena ini baru pertama kali kami flash Oppo CPH1611, takut jadi bricked juga lho. Bisa pusing tujuh keliling... Ketika dinyalakan, muncul tulisan Oppo..ditunggu lama masih seperti itu. Kami coba matikan HP dengan menekan tombol power agak lama, begitu restart masih sama..HANG LOGO.

Percobaan berikutnya adalah flash menggunakan MSM Download Tool, anehnya firmware yang diekstrak oleh UFI tetap tidak terbaca oleh MSM Download Tool. Googling lagi..namun tidak menemukan solusinya juga, belum banyak yang share cara flash OPPO CPH1611. 

Keesokan harinya, setelah istirahat yang cukup dan pikiran lebih tenang. Entah ide dari mana, fokus kami adalah format firmware bz2 yang agak tidak biasa bagi kami. Kami mencoba mencari program apa yang cocok untuk mengekstrak file format ini. Ternyata winzip bisa (kami biasanya selalu menggunakan winrar). Setelah diekstrak menggunakan winzip, kami membandingkan dengan hasil ekstrak menggunakan winrar. Ternyata...hasil ekstrak winrar tidak ada file checksum.md5, yang winzip ada file checksum.md5. INI CATATAN PENTING...

Saat diflash menggunakan file yang diekstrak dengan winzip, menggunakan MSM Download Tool, proses berjalan dengan lancar hingga selesai. Begitu dihidupkan, tidak berapa lama kemudian langsung muncul menu pengaturan Oppo. Hati pun tenang dan senang... Ini adalah sedikit sharing pengalaman kami, semoga teman-teman teknisi tidak mengalami seperti kami.

Download MODE Oppo
Untuk Oppo A37f, Oppo CPH1609, Oppo CPH1611 dan CPH1613, kita harus masuk ke download mode agar ponsel bisa diflash. Caranya cukup mudah, yaitu:
  1. HP dalam kondisi OFF, jika masih menyala atau hang logo, matikan melalui recovery mode (tekan tombol volume bawah + tombol power).
  2. Tekan dan tahan kedua tombol volume (vol up + vol down), hubungkan ke komputer melalui kabel data.
  3. HP akan masuk ke download mode, check di Device Manager. Jika sudah terbaca di port COM, Qualcomm QSLoader HS USB 9008, berarti sudah berhasil masuk ke download mode.

Satu hal yang perlu diingat adalah, Anda harus install driver Qualcomm. Silakan cari di google, sudah banyak yang share. Bagi teman-teman yang menggunakan windows 7, mungkin Anda perlu Disable Driver Signature Enforcement agar driver Qualcomm terbaca dengan baik. Caranya, restart Windows 7 sambil menekan tombol F8, nanti pas booting akan muncul opsi Disable Driver Signature Enforcement.

Cara Flash OPPO
Cara flash dengan menggunakan MSM Download Tool sangat mudah. Download dulu jia belum punya tool ini, link disini Yang perlu diingat adalah, file firmware dan MSM Download Tool harus dalam 1 folder. Langkah-langkahnya:
  1. Pastikan HP sudah dalam downlaod mode dan terhubung ke PC.
  2. Buka aplikasi MSM Download Tool. Check apakah ada port COM yang terbaca oleh aplikasi ini.
  3. Klik Start untuk memulai proses download. Tunggu hingga selesai..(muncul tulisan hijau "USB download complete"
  4. Begitu selesai, ponsel akan langsung restart. Jika tidak, coba nyalakan HP dengan menekan tombol power agak lama.

Untuk cara F1S, tidak dibahas disini karena CPUnya Mediatek, caranya cukup mudah. Yang ingin belajar flash Oppo F1s, bisa baca artikel kami di CARA FLASH OPPO F1s.

BYPASS FRP (Factory Reset Protection)
Bagaimana jika Oppo CPH1701 dan Oppo CPH1611 terkunci akun gmail? Jika hanya terkunci akun, kita tidak perlu melakukan proses flash. Bisa kok dibypass dengan senam jari. Tetap menggunakan aplikasi Quickshortcutmaker.apk. Khusus untuk cara bypass FRP, ada tutorial lengkap di Cara BYPASS FRP OPPO Semua Tipe.

Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat untuk teman-teman teknisi. Jika ada kekurangan atau koreksi, silakan post di kolom komentar. Bisa juga menghubungi kami melalui fanpage Hello Ponsel. Terima kasih...

Subscribe to receive free email updates: