Review Spesifikasi dan Harga Oppo F3

Sebagai salah satu vendor besar smartphone di Indonesia, Oppo selalu memanjakan para pecinta gadget dengan produk-produk terbaru yang mengusung spesifikasi yang wah dan wow.. Awal Mei 2017 lalu, Oppo merilis salah satu smartphone yang diberi label Oppo F3.

Seri Oppo F3 ada 2 varian yaitu F3 dan F3 Plus. Yang versi plus tentu lebih tinggi spesifikasinya, harganya juga tentu berbeda. Nah, kali ini kita mau membahas tuntas Oppo F3 ini. Apa saja kelebihan yang menarik dari smartphone besutan Oppo ini.

Yang paling menonjol dari HP Oppo adalah kameranya. Kesannya kamera Oppo itu bagus banget. Yah memang begitulah adanya, jika dibandingkan dengan kamera smartphone vendor lainnya, misalnya sama-sama 8MP kameranya, nah hasil jepretan Oppo pasti kelihatan lebih bagus. Oppo F3 ini kamera belakangnya 13MP dan kamera depannya ada 2 buah kamera yang berukuran 16MP dan 8MP dengan angle yang berbeda. Spec segitu udah lumayan bagus buat foto indoor maupun outdoor. 

Kamera depan wah banget dipakai buat selfie, Anda bisa memilih kamera mana yang cocok dengan sudut pengambilan foto selfie Anda. Kamera depan yang berukuran 16MP angle 78 derajat, cocok buat selfie sendirian. Kalau mau selfie rame-rame pakai kamera depan yang berukuran 8MP saja karena angle 120 derajat, lebih besar sudut pengambilan fotonya. 

Layarnya berukuran 5.5 inch, cukup besar juga ya. Kalau yang pernah punya Oppo F1S atau Oppo A57, yah kira-kira segitulah ukuran layar Oppo F3 ini. Luas pandangannya buat browsing, nonton youtube ataupun main game. Ga usah takut layar LCD Oppo F3 cepat baret-baret karena layar yang digunakan adalah Gorilla Glass, tetapi supaya lebih aman pasang aja antigores kaca alias tempered glass. Minimal kalau jatuh masih ada perlindungan.

Dengan RAM 4GB dan memori internal 64GB, kesannya wow banget. Belum banyak lho smartphone dengan RAM 4Gb yang diikuti penyimpanan internal 64GB. Ga bakalan lola deh... trus ga pake memori eksternal juga gpp. Memori internal 64GB itu buat nyimpan foto, lagu dan video udah cukup banget. 

Baterainya menggunakan non-removable battery berkapasitas 3200mAh. Buat aktivitas seharian masih sangat cukup, cuma kalau online terus apalagi sambil dengerin musik, mungkin sehari perlu cas 2 kali deh. Siapkan power bank seandainya Anda beraktivitas diluar. 

Slot SIM dan memory terletak di bagian samping, ini adalah tipe triple slot. Artinya, bisa dimasukkan 2 kartu SIM dan 1 memori eksternal. Buat Anda yang kurang suka dengan smartphone yang slot SIM sistem hybrid, ga usah khawatir ya, Oppo F3 ini triple slot. 

Fingerprint alias sensor sidik jari di Oppo F3 ini diklaim sangat cepat dan akurat, cuma butuh waktu 0,2 detik saja untuk membuka kunci layar. Smartphone Xiaomi saja dengar-dengar butuh waktu 0,3 detik. Beda tipis aja sih sebenarnya yaa..

Eits...Oppo F3 udah mendukung jaringan 4G alias LTE. Jadi ga usah khawatir jika operator seluler yang kamu gunakan memberikan banyak bonus kuota 4G, pakai aja di Oppo F3 ini. Tentu jika lokasi Anda sudah tercakup oleh jaringan 4G. Kadang kesal ya, HP udah 4G tetapi jaringan di sekitar rumah belum tercover 4G.

Nah, harga Oppo F3 ini dibanderol di harga 4,4juta. Harga Oppo itu berlaku nasional. Paling bisa nego-nego dikit atau coba Anda cari di Tokopedia atau Lazada, barangkali ada yang nawarin lebih murah.

Terakhir ini, dengan spesifikasi Oppo F3 dan harga Oppo F3 seperti yang telah dijelaskan diatas, kesimpulannya gini menurut kami. Oppo F3 ini udah termasuk smartphone high-end, bagus banget jika dilihat dari sisi RAM, memori internal, kameranya, fingerprint, layarnya. Menurut kami, kekurangannya paling hanya baterainya yang cuman segitu, sehingga perlu cas 2 kali sehari (pengalaman kami pribadi ya)

Soal mahal atau murah, itu relatif menurut kami. Jika budget Anda mencukupi, jangan ragu memilih Oppo F3 ini, karena spesifikasinya udah lumayan tinggi. Apalagi ditambah Oppo juga memberikan garansi 1 tahun untuk produknya. Dengan service center di berbagai kota besar di Indonesia. jika ada keluhan atau kerusakan, datang langsung aja kesana.

Setelah membeli Oppo F3 ini, tentu kita perlu aksesoris pendukungnya. Charger dan handsfree sudah termasuk dalam paket pembelian ya. Juga ada pin untuk membuka slot SIM. Pin ini jangan sampai hilang ya...karena kalau beli baru lagi, kualitasnya ga sebagus yang bawaan dari pabrik. Yang beli lagi itu cepat patah besinya.

Silicon Oppo F3 atau sarung Oppo F3 banyak tersedia di pasaran. Ada yang motif polos dengan berbagai pilihan warna. Ada juga yang menggunakan motif bunga atau karakter. Silakan pilih sesuai dengan selera Anda masing-masing. 

Tempered glass alias antigores kaca wajib di zaman sekarang ini. Harganya juga terjangkau, di kisaran 35ribu hingga 80 ribuan tergantung kualitasnya. Ada lho tempered glass yang kalau dipasang, bagian pinggirnya pasti ga rapi.

HP baru..asik nih. Setting dulu sesuai kebutuhan kamu. Yang jelas, Anda pasti akan download aplikasi dari Google Playstore. Untuk itu, Anda perlu bikin akun GMAIL. Jika sudah punya, silakan login saja. Jika belum punya, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Caranya gampang kok, cuma perlu kami ingatkan sebaiknya Anda mengingat dan mencatat email dan password Anda, trus simpan di tempat yang aman. Akun Gmail ini berguna lho jika seandainya Anda kehilangan HP, Anda bisa melacak keberadaannya, mereset atau menghapus data-data penting yang mungkin tersimpan di HP Anda.

Nah, HP itu kan barang privasi ya sekarang. Kalau ada kakak, adik atau pacar Anda yang suka usil, sebaiknya Anda kunci saja HP Oppo F3 Anda. Gunakan kunci pola atau kata sandi terus kombinasikan dengan sidik jari Anda (jangan pakai jari kaki ya...hehe). Paling penting nih, jangan sampai Anda sendiri lupa pola atau kata sandi yang Anda bikin sendiri. Ga lucu tau..

Jika memang terkunci akibat kesalahan Anda sendiri, mungkin Anda akan mencari cara reset Oppo F3. Kami sendiri sempat menerima keluhan seperti ini, ketika kami mencoba mencari cara hard reset Oppo F3 di internet, banyak beredar artikel dan video yang ga benar. 

Oppo F3 ini sudah menggunakan OS Android Marshmallow dengan security yang ketat. Anda tidak bisa melakukan wipe data melalui recovery mode Oppo F3. Kalau ga percaya, silakan saja masuk ke recovery mode Oppo F3 dengan menekan kombinasi tombol Volume Bawah + Power. Pilih opsi wipe data, maka Anda akan diminta untuk memasukkan kata sandi atau pola kunci Anda. Gimana coba...

Saat artikel ini ditulis, kami juga belum menemukan cara flash Oppo F3 yang tested. Sudah ada yang share firmware Oppo CPH1609 (kodenya stock ROM Oppo F3 kan CPH1609), tapi belum ada yang cerita udah berhasil flash ulang Oppo F3. Kami sendiri juga mencoba menggunakan UFI Box yang sudah support firmware Oppo yang berekstensi .ofp tapi masih gagal. 

Sekian, sekilas curhat dan info tentang Oppo F3 dari kami, terus kunjungi blog ini untuk mendapatkan info terbaru seputar dunia gadget, cara flash hp, cara bypass FRP dan info-info lainnya. Bantu kami dengan Like fanspage kami dan share artikel kami. Terima kasih


Subscribe to receive free email updates: