Ternyata ini Fungsi PSU PC di Tangan Teknisi Ponsel.....

Mungkin ini kedengarannya sedikit aneh, tapi kalau dipikir-pikir ga aneh-aneh banget juga sih. Kok teknisi HP menggunakan PSU PC?? Bukannya udah ada power supply, baik itu yang analog maupun digital. Ternyata, bagi kami yang berkecimpung di dunia service HP, terutama yang khusus menangani masalah software alias spesialis software yang banyak menggunakan box flasher, PSU PC sangat membantu pekerjaan kami. Tapi perlu dimodif sedikit, simak terus bagaimana cara memodifikasi PSU PC untuk bengkel servis HP Anda.

Awal ceritanya, komputer kami suka ngehang, lemot dan harddisk terkadang tidak terbaca. Mau tidak mau, dengan mengetatkan tali pinggang, kami menyisihkan dana untuk membeli komputer baru. Namanya juga teknisi HP, tentu mencari CPU dengan harga terjangkau walaupun spec ga bagus-bagus amat. Didapatlah spec CPU seperti gambar berikut.

Seiring berjalannya waktu, harddisk 1 Tera sudah tidak mencukupi banyaknya firmware dan stock ROM yang kami download. Maka sekali lagi dikencangkan tali pinggang, lalu disisihkan dana untuk membeli harddisk 2 TB. Belinya second lagi tuh, untungnya masih bertahan sampai sekarang.

Setelah HDD 2TB dipasang, muncullah problem baru. UFI BOX kadang tidak terbaca, begitu juga dengan box Z3X dan Miracle Eagle Eye. Sebelumnya baik-baik saja tuh box kalau dicolokkin ke CPU. Selidik punya selidik serta bertanya di forum dan group facebook, disimpulkan kemungkinan adalah daya PSU PC yang kurang power. 

Cari lagi PSU 500 Watt yang pure, tapi harganya lumayan menguras kantong. Akhirnya, beli second lagi. Kondisinya lumayan, walaupun nyetrum dikit (mungkin ada kebocoran atau gimana gitu). PSU 500 Watt terpasang, problem selesai untuk sementara. Kala itu, HDD yang 2TB belum begitu penuh, paling terisi sekitar 40%.

Waktu terus berjalan, koleksi firmware semakin banyak sehingga HDD yang 2TB mulai semakin penuh mendekati sekitar 80% dari kapasitasnya, muncul lagi problem lama yaitu box UFI, box Z3X dan Miracle Box ga mau terbaca lagi. Ternyata daya output USB masih kurang powerful.

Untunglah kami masih menyimpan alat sakti yaitu USB INJECTOR. Alat ini membutuhkan tegangan luar sebesar 12 Volt untuk menambah daya USB. LIhat gambarnya berikut:

Sekilas tampak, box UFI juga punya input DC 5V yang digunakan untuk menambah power. 5 Volt dan 12 Volt, maka otak kami langsung terpikir ke PSU PC, kabel merah 5 Volt dan kabel kuning 12 Volt. Sempurnaa.... kebetulan kami ada PSU bekas PC lama. 



Caranya sederhana:
Ambil konektor USB bekas casan kodok (Desktop Charger) sebanyak 2 biji.
Sediakan switch on off 1 biji dan kabel secukupnya.
Lihat gambar ini dan Anda pasti mengerti



Semoga bermanfaat, jika bingung silakan komen.


Subscribe to receive free email updates: