Cara Flash / Unbrick Lenovo K910L dan K910 DONE

Cara Flash / Unbrick Lenovo K910L dan K910 DONE




Tutorial unbrick Lenovo Vibe Z aka K910 / K910L,
 sebenarnya cara ini bukan hanya untuk unbrick saja tapi juga bisa untuk flash biasa. Lenovo Vibe Z memiliki dua varian dengan seri K910L dengan spesifikasi single sim dan merupakan versi global sedangkan untuk seri K910 adalah versi dual sim dan dirilis untuk pasaran Tiongkok. Melakukan flashing terhadap lenovo Vibe Z juga dapat dilakukan dengan cara SD Update dengan menggunakan firmware dengan ekstensi qsb namun menurut saya cara ini tidak melulu berhasil sebagai contoh apabila device mengalami unbrick. Lenovo Vibe Z menggunakan chipset Qualcomm sehingga kita akan melakukan flash dengan menggunakan QPST


LETS ROCK GAES!!!


  • Download QPST dan Driver neng keneh kyeh lalu install
  • Install Lenovo USB driver yang di download tadi
  • Download Firmware K910 diMARI dan K910L HERE
  • Silahkan Buka Device Manager pada Control Panel
  • Matikan HH Sobat lalu konekkan HH sobat ke PC dengan menekan tombol "Vol Up"
  • Pastikan HH sobat terdeteksi di Device Manager dengan nama "QHUSB_BULK atau HS-USB QDloader 9008" jika terdeteksi namun masih memiliki tanda seru silahkan sobat install driver secara manual dengan klik kanan lalu update driver lalu silahkan browser file driver Qualcomm Q Loader yang telah sobat download tadi.
NB : Saya sudah melakukan seperti cara diatas tetapi HH tidak terdeteksi ke PC atau terdeteksi di PC namun kemudian hilang lalu bagaimana ? Oke sob kita bisa pakai cara dibawah buat konek ke pc jika cara diatas tidak berhasil, cara berikut adalah dengan melakukan ground silahkan disimak baik-baik.
 Silahkan sobat buka penutup bagian belakang HH Sobat

Lalu lepas baut pada penutup cover konektor battery, silahkan sobat lepas konektor battery sobat jika sudah lepaskan cover penutup prosesor dengan menggunakan pinset atau semacamnya.
Jika sudah silahkan sobat Ground Pin (1) dengan shield (2) dengan mengunakan klip atau kabel atau semacamnya usahakann ujung klip atau kabel kecil sehingga dapat tepat mengenai shield. Disini saya menggunakan pinset. Dan ketika melakukan ground harus benar-benar tepat karena jika tidak device akan terus-terusan restart dan tidak terdeteksi pada device manager.
Hubungkan terus ground sobat hingga HH benar-benar terdeteksi jika sudah terdeteksi silahkan sobat lepas lalu lalukan install driver seperti pada No 6 diatas.

    Jika sudah terdeteksi dan semuanya OK kita lanjut step berikut sob, simak baik-baik :

    1. Ekstrak file firmware yang sobat download tadi
    2. Silahkan jalankan progran QFIL cari di All Program 
    3. Pastikan dibagian Select Port HH sobat terdeteksi



    4. Lalu pada bagian Program Path silahkan sobat browse di file firmware yang sobat ekstrak tadi nama filenya "prog_emmc_firehose_8974.mbn"
    5. Lalu pada bagian load xml sobat isi dengan "rawprogram0.xml & patch0.xml"
    6. Jika sudah silahkan sobat klik "Download" dan tunggu sampe selesai dengan tulisan "Waiting for reset done" silahkan sobat cabut kabel usb sobat lalu hidupkan cukup lumayan lama untuk pertama booting.
    NO PASSWORD

    DWYOR

    Subscribe to receive free email updates: