Solusi Redmi 4A IMEI Hilang Sinyal Kabur

IMEI NULL, invalid IMEI, tidak dapat peroleh IMEI...itu beberapa error yang terjadi pada Android. Jika IMEI tidak ada, maka biasanya HP tidak ada sinyal, no service, hanya panggilan darurat. Kecuali beberapa tipe Android dengan CPU Mediatek yang walaupun IMEI hilang, tetap ada sinyal.

Kasus IMEI hilang merupakan salah satu kasus yang termasuk gampang-gampang susah. Untuk HP dengan CPU Mediatek, bisa diselesaikan dengan write IMEI menggunakan box flasher. Bisa juga dengan flash partisi NVRAM, tentunya dengan file yang cocok. Untuk HP yang menggunakan CPU Qualcomm, bisa dengan write file QCN.

Jika HP Android dengan CPU Mediatek memerlukan otorisasi root untuk write IMEI, maka pada HP Qualcomm justru tidak perlu akses root, selama port diag HP tersebut dapat kita aktifkan dan terbaca di komputer. Contohnya kasus Redmi 4A yang barusan mimin tangani ini. Awalnya masuk dengan kondisi IMEI kosong dan Baseband unknown (pita basis tidak diketahui). Solusinya ya pasti..WRITE QCN.


Mimin mencari di google, ternyata banyak yang share file QCN Redmi 4A. Syukurlah, masih banyak orang baik hati berbagi informasi. Mimin menggunakan UFI Box untuk write file QCN ini, jika kalian ga punya box flasher, mungkin agak sulit untuk write file QCN Redmi 4A.

Setelah write QCN dan restart ulang, mimin check IMEI. Ternyata IMEInya muncul tetapi angka-angkanya nol semua. Pita basis atau baseband udah OK. Check sinyal, eh sudah muncul. Sempat bingung juga mimin nih, coba file QCN lain lah. Ternyata hasilnya pun sama.

Akhirnya mimin mencoba memasukkan IMEI di kolom IMEI 1 dan IMEI 2 pada tab Service UFI Box, lalu write file QCN lagi. Setelah selesai dan restart ulang, check IMEI ternyata sudah benar. Simple kelihatannya, tetapi sempat membuat bingung juga.

Yang lagi baca, maaf saya ga share file QCN Redmi 4A disini, sudah banyak di google. Jangan pula komentar jelek-jelekin mimin (pasti mimin hapus). Tulisan ini hanya untuk catatan mimin jika sekali-kali mimin menemukan kasus serupa. Mimin tulis di blog, barangkali bermanfaat untuk orang lain. Kurang lebihnya, terima kasih, semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates: